Penelitian Tanaman Obat Sekolah (TOS)

Penelitian Tanaman Obat Sekolah (TOS)

MTsN 1 Probolinggo - Bapak Saiful Baidlowi, M.Pd melakukan penelitian tentang Tanaman Obat Sekolah (TOS). Berikut hasil penelitian yang dilakukan di MTsN 1 Probolinggo bersama siswa kelas 8 (Delapan) yang dilaksanakan pada 8 April 2019.

Latar Belakang
Alam Indonesia dikenal memiliki banyak jenis tanaman obat. Hampir semua jenis tanaman obat yang terdapat di dunia terdapat di Indonesia. Begitu banyak manfaat ataupun khasiat yang dapat kita peroleh dari tanaman obat tersebut, seperti tanaman temulawak, kita dapat menggunakan tanaman tersebut untuk meningkatkan nafsu makan anak dan menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.
Pada zaman dahulu, nenek moyang kita hanya menggunakan berbagai jenis tanaman-tanaman untuk dijadikan sebagai obat. Dan memang terbukti pengobatan dengan menggunakan tanaman-tanaman tersebut memang manjur.

Pengobatan dengan menggunakan tanaman-tanaman obat lebih aman dan hemat dari pada dengan menggunakan pengobatan kedokteran modern. Karena dengan menggunakan tanaman obat ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya mahal dan pengobatanya lebih aman dari pada menggunakan pengobatan kedokteran modern yang lebih mahal serta obat yang digunakan terkadang sering menimbulkan efek samping bagi tubuh, karena obat yang digunakan mengandung bahan-bahan kimia.

Tanaman obat sangat penting bagi kehidupan. Namun dimasa sekarang banyak di antara kita tidak mengetahui akan jenis bahkan bentuk dari tanaman obat itu sendiri. Masyarakat pada zaman sekarang hanya mengetahui pengobatan kedokteran modern saja. Padahal pengobatan dengan menggunakan tanaman-tanaman obat ini lebih aman dan hemat daripada menggunakan pengobatan kedokteran modern. Dan memang pengobatan kedokteran modern yang kita kenal sekarang ini memang sangat baik, akan tetapi dengan menggunakan jenis pengobatan seperti ini terkadang kita memerlukan biaya yang sangat besar dan terkadang pula obat yang diberikan pada pengobatan ini mengandung banyak bahan kimia yang dapat memberikan efek samping pada tubuh kita. Berbeda dengan menggunakan tanaman-tanaman obat. Pengobatan dengan menggunakan tanaman sama sekali tidak akan memberikan efek samping pada tubuh.

Penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker dapat diobati dengan menggunakan tanaman-tanaman obat dan terbukti sembuh. Dengan menggunakan tanaman obat tersebut, tidaklah perlu mengeluarkan dana yang besar. Banyak pada saat ini masyarakat yang mengidap penyakit yang berbahaya yang pada awalnya menggunakan pengobatan kedokteran modern beralih berobat dengan mengkonsumsi tanaman-tanaman obat dan terbukti sembuh.

Pada zaman sekarang, tidak banyak masyarakat yang sudah tua, yang tidak mengetahui beberapa jenis tanaman-tanaman obat ini, apalagi para pelajar. kebanyakan dari mereka banyak yang sama sekali tidak mengenal bahkan melihat bentuk akan tanaman obat ini. Padahal di beberapa sekolah telah banyak yang telah menanam tanaman-tanaman obat ini di perkarangan sekolah karna memang tanaman ini begitu bermanfaat. Akan tetapi para pelajar terkadang tidak mengetahui akan tanaman ini, apalagi mengetahui manfaatnya, mereka hanya mengetahui bahwa tanaman itu adalah sebuah tanaman yang seperti jenis tanaman lainnya. Kebanyakan para pelajar tersebut hanya mengetahui namanya saja, tetapi tidak mengetahui apa fungsi atau pun khasiat dari tanaman-tanaman obat tersebut. Hal tersebut sangat tidak baik. Tanaman obat yang  sering ditanam di sekolah antara lain jahe, kencur, mahkota dewa, lengkuas, kencur, temulawak, buah merah dan lain-lain.

Artikel laporan  ini ditulis untuk memberikan pengetahuan atau mengenalkan kepada para pembaca mengenai berbagai jenis tanaman-tanaman obat yang terdapat di MTsN 1 Probaolinggo. Uraian dalam artikel laporan ini meliputi nama ilmiah dari tanaman, cara menanamannya, tempat hidup, asal asal-usul tanaman tersebut serta khasiat ataupun manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman obat tersebut.

Jika ingin mengetahui artikel selengkapnya tentang laporan Tanaman Obat Sekolah, bisa mengakses link berikut. (LIHAT DISINI)
INFORMASI: Silakan hubungi kami [DISINI] bila ada pertanyaan, kritik, maupun saran. Matur nuwun.

Belum ada Komentar untuk "Penelitian Tanaman Obat Sekolah (TOS)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel