BK Bukan Polisi Sekolah

BK Bukan Polisi Sekolah

Apa sih bimbingan dan konseling itu?

Bimbingan dan konseling yaitu suatu bantuan yang diberikan oleh konselor (Guru BK) kepada konseli (siswa) agar konseli (siswa) mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan juga mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Dalam artian guru BK bukan guru untuk menghukum siswa, menarik uang SPP, satpam sekolah, dll akan tetapi guru BK membantu penyelesaian siswa dan mengembangkan potensi yang dimiliki siswa. Bukan hanya untuk menangani siswa bermasalah saja akan tetapi bisa menjadi tempat curhat siswa.

Siswa tidak perlu khawatir jika ingin curhat atau sharing ke guru BK yang ada disekolah dijamin kerahasiaannya karena dalam Bimbingan dan Konseling ada beberapa  asas salah satunya asas kerahasiaan, asas keterbukaan dimana siswa bersedia terbuka dengan segala masalahnya dan tidak ada paksaan dari pihak manapun, asas kenormatifan dimana prses layanan BK berjalan sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku. Asas kerahasiaan sudah ada dalam Undang-Undang jadi tentu saja aman dan menjamin jika siswa ingin curhat dengan guru BK, jadi tidak perlu takut pada guru BK karena Guru BK bukan musuh siswa tetapi teman siswa. Lebih baik curhat kepada Guru BK yang sudah jelas akan memberikan arahan dan solusi terbaik daripada curhat ke teman sebaya dan malah bocor kemana-mana.

Fungsi sebenarnya guru BK itu adalah membantu atau sebagai perantara untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah perkembangannya, contohnya saja masalah kesulitan belajar, malas masuk kelas, perilaku mengganggu temannya di kelas dan lain-lain. Mengapa BK sering dikaitkan dengan siswa bermasalah? Karena memang siswa bermasalah juga butuh solusi untuk merubah sikap mereka yang masih belum baik.

Semua guru termasuk Guru BK menginginkan yang terbaik untuk siswa bukan berarti Guru yang marah itu karena Guru membenci siswanya tapi memang fitrah seorang guru itu sendiri ialah untuk membantu siswa dalam belajar, belajar adalah perubahan dari yang belum baik menjadi baik, perubahan dari yang belum bisa menjadi bisa.

Ada beberapa layanan Bimbingan Konseling 
Bimbingan dan Konseling itu mempunyai empat bidang kompetensi yang menjadi ranahnya, yaitu:
  1. Bidang pribadi yang biasanya meliputi kepercayaan diri, efikasi diri, konsep diri, pengembangan minat dan bakat, tipe kepribadian dan lain lain
  2. Bidang sosial yang meliputi pergaulan remaja serta permasalahannya, bullying, dan permasalahan sosial remaja lainnya
  3. Bidang Belajar meliputi motivasi belajar, konsentrasi belajar, gaya belajar
  4. Bidang Karir yang sangat berkaitan dengan karir peserta didik baik itu yang studi lanjut, bekerja sampai dengan peserta didik yang mempunyai orientasi menikah setelah lulus sekolah
Dengan berbagai bidang bimbingan yang telah disediakan oleh Guru BK tentunya membuat siswa tidak akan pernah  berpikir untuk kehilangan tema untuk berkonsultasi. Sehingga siswa dapat menambah dan memperluas pandangan terhadap diri dan kehidupannya. (Ditulis oleh Meilina Puspita Dewi, S.Psi)

Layanan konseling/konsultasi bisa menghubungi:
  • Bu Meilina : 081231421468
  • Bu Helen : 085330217713
INFORMASI: Silakan hubungi kami [DISINI] bila ada pertanyaan, kritik, maupun saran. Matur nuwun.

1 Komentar untuk "BK Bukan Polisi Sekolah"

  1. Benar sekali.. BK bukan polisi sekolah namun bisa dikatakan sahabat siswa. Karena biasanya setiap ada permasalah yg dihadapi oleh siswa, wali kelas / guru yg lain langsung mengarahkan siswa tsb k BK untuk diberikan sanksi atau hukuman.. padahal itu sebenarny adl kewenangan wali kelas utk mnyelesaiknny trlebih dahulu, apabila tdk berhasil baru dilakukan kolaborasi dg BK 😆

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel