Belajar Peduli Sesama, MTsN 1 Probolinggo Laksanakan Praktik Qurban

Belajar Peduli Sesama, MTsN 1 Probolinggo Laksanakan Praktik Qurban

MTsN 1 Probolinggo - Qurban (kurban) adalah hewan tertentu yang disembelih bagi manusia untuk menjadi lebih dekat dengan kasih sayang Allah. Dalam fiqh qurban disebut “udhiyya” yang berarti hewan yang disembelih saat Idul Adha. Umat islam menyebutnya “qurban”. Menyembelih binatang disebut “tadhiyya” yang berarti menyembelih hewan khusus pada waktu tertentu dengan niat ibadah dan ketaatan.

Selain ibadah untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, Allah Subhanahu Wata’ala. Ibadah qurban juga memiliki faktor hablumminannas yakni memberikan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar. Qurban bertujuan ibadah mendekatkan diri kepadaNya dan disisi lain membantu masyarakat yang kurang mampu untuk merasakan lezatnya daging qurban yang jarang disantap dalam keseharian.

Senin (12/8) MTsN 1 Probolinggo kembali melaksanakan praktik qurban, biasanya kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Namun kali ini, terdapat sepasang sapi dan sepasang kambing untuk proses qurban. Selain itu, siswa-siswi juga mengobservasi dan mengidentifikasi mulai proses penyembelihan hingga proses pembagian.

Bapak H. Muhammad As'adi, M.Pd sangat mengapresiasi kegiatan praktik qurban pada tahun ini. Pasalnya bisa memberikan pembelajaran kepada siswa-siswi MTsN 1 Probolinggo. Kemudian hewan qurban sudah bertambah banyak. Tahun 2018 lalu hanya 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing, sedangkan tahun ini sudah lebih (2 ekor sapi dan 2 ekor kambing).

"Saya sangat senang dan mengapresisasi praktek qurban yang rutin dilaksanakan setiap Idul Adha ini, karena selain memberikan pembelajaran kepada siswa-siswi MTsN 1 Probolinggo, juga memberikan sumbangsih terhadap masyarakat sekitar Madrasah," Ujarnya.
INFORMASI: Silakan hubungi kami [DISINI] bila ada pertanyaan, kritik, maupun saran. Matur nuwun.

Belum ada Komentar untuk "Belajar Peduli Sesama, MTsN 1 Probolinggo Laksanakan Praktik Qurban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel