21 Juli 2018

MTsN 1 Prbolinggo Selenggarakan TPA Untuk Siswa Baru

SHARE
MTsN 1 Prbolinggo Selenggarakan TPA Untuk Siswa Baru

MTsN 1 Probolinggo - TPA (Tes Potensi Akademik) merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan obyek kata (verbal), angka (numeris) dan gambar (figural). Secara psikologi dipercaya bahwa terdapat batas minimal tingkat kegesitan mental yang harus dimiliki seseorang sehingga ia berpeluang-besar berhasil menangani masalah yang bersifat intelektual. Karena itulah, TPA kerap dipergunakan dalam penyeleksian siswa baru, mahasiswa baru dan penyeleksian karyawan atau pegawai baru, bahkan untuk penyeleksian pimpinan suatu institusi negeri/swasta. TPA digunakan dalam SMNPTN untuk S1 sejak tahun 2009 dan digunakan dalam SNMPTN tertulis untuk S1 sejak tahun 2012. Selain digunakan dalam penyaringan mahasiswa, TPA juga digunakan dalam penyeleksian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Di kalangan peserta tes CPNS, TPA kerap disebut psikotest. (Wikipedia)

Jum'at 20 Juli 2018, MTsN 1 Probolinggo mendatangkan LPT Psikologi UNTAG Surabaya untuk membantu penyeleksian program siswa baru. Hal itu bertujuan agar siswa-siswi MTsN 1 Probolinggo berada dijalur yang tepat dan sesuai dengan jurusan yang dipilih. Dengan harapan akan ditemukan bibit unggul yang bisa mewakili Madrasah dalam meraih prestasi ditingkat kabupaten maupun nasional.

Muhammad As'adi selaku kepala Madrasah sangat mendukung program TPA tersebut, pasalnya bisa memilah siswa-siswi yang unggul serta bisa dengan mudah mengelompokkan mereka ke dalam kelas khusus nantinya.

"Saya sangat mendukung program pengadaan TPA ini, karena bisa memudahkan kita untuk memilah siswa berprestasi dan mengumpulkannya dalam kelas khusus", ujar Bapak Muhammad As'adi.

Alhamdulillah kegiatan TPA ini berjalan dengan lancar dan khidmat, semoga hasilnya bisa memuaskan mereka yang sudah mengerjakan dengan sungguh-sungguh.
SHARE

Author: verified_user