13 November 2017

Tirulah Semangat Pahlawan Dalam Berlatih

Tirulah Semangat Pahlawan Dalam Berlatih dan Belajar

MTsN 1 Probolinggo - Hari Pahlawan atau Hari Pahlawan Nasional dapat merujuk pada sejumlah peringatan hari pahlawan nasional di berbagai negara. Hari Pahlawan sering diselenggarakan pada hari kelahiran pahlawan nasional maupun peringatan peristiwa yang mengantarkan mereka jadi pahlawan. Di Indonesia sendiri Hari Pahlawan diselenggarakan setiap tanggal 10 November untuk memperingati Pertempuran Surabaya antara milisi nasionalis Indonesia dan Sekutu, yang merupakan konflik bersenjata skala besar pertama antara Indonesia dan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Senin 13 November 2017, nuansa hari pahlawan pada bulan ini masih terasa. Tak heran jika warga Indonesia masih sering mengingatnya dan banyak mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Seperti halnya Anis Widiyawati, S.Pd yang memimpin upacara rutin setiap Senin pagi, beliau menyampaikan beberapa amanat kepada peserta upacara terkait hikmah dari Hari Pahlawan.

Guru pengajar bahasa Indonesia ini mengungkapkan bahwa terdapat 4 hikmah yang bisa diambil dari hari pahlawan diantaranya semangat, ketekunan, tertib, serta disiplin.

"Hikmah yang bisa diambil dari hari pahlawan, poin pertama adalah semangat berlatih. Pahlawan adalah contoh konkrit dalam semangat berlatih, mereka pantang menyerah dalam latihan. Sama halnya kalian, harus meniru mereka untuk tetap semangat dalam belajar", tutur Anis Widiawati, S.Pd.

"Poin kedua adalah ketekunan, pahlawan terkenal tekun dalam berlatih. Kemudian poin ketiga adalah tertib, pahlawan kita sering mengajarkan untuk selalu tertib ketika upacara bendera. Sedangkan poin terakhir adalah disiplin, pahlawan kita terkenal dengan sikap disiplin. Jadi kalian sebagai siswa harus mengerti bahwa disiplin itu adalah kunci kesuksesan dalam meraih apapun", tutup Guru Bahasa Indonesia ini.
Share:

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Ikuti Facebook Kami