25 November 2017

OSIS Harus Menerapkan Teori Scaffolding

OSIS Harus Terapkan Teori Scaffolding

MTsN 1 Probolinggo - Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukannya dalam kerja" dengan praktik.

Sabtu 25 November 2017, MTsN 1 Probolinggo Kampus 2 (Nurul Jadid) mengadakan acara LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) di ruang aula Madrasah. Bapak Muhammad As'adi, M.Pd selaku kepala Madrasah memberikan sambutan pada acara tersebut.

Beliau menyampaikan 3 hal penting dalam LDK yang harus diketahui oleh peserta, seperti melatih pengurus baru agar dapat menjalankan organisasi, LDK adalah kegiatan menumbuhkan jiwa kepemimpinan, serta OSIS adalah organisasi dasar (awal).

"Pertama, LDK itu melatih pengurus-pengurus baru untuk menjalankan organisasi. Sedangkan organisasi itu orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan, maka di acara LDK ini akan disampaikan materi-materi terkait kepemimpinan", ujar Bapak Muhammad As'adi, M.Pd

"Kedua, LDK adalah kegiatan yang menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Kempemimpinan yang bersifat kolektif, bekerjasama antar anggota. Disini pula akan kalian dapatkan", imbuhnya.

"Terakhir, OSIS adalah organisasi dasar (awal) yang dapat menjadi pembelajaran untuk kalian. Baik tidaknya organisasi itu tergantung pemimpinnya. Pemimpin harus menerapkan teori Scaffolding, dimana 2 - 3 orang bisa bekarja bersama-sama. Sedangkan jika menggunakan teori tangga, maka hanya bisa bekerja 1 orang. Dengan Scaffolding kalian bisa naik ke atas bersama-sama". tutupnya.

Setelah memaparkan beberapa pesan, beliau juga berharap kepada anggota OSIS baru MTsN 1 Probolinggo Kampus 2 untuk membawa nama baik lembaga di tingkat Pesantren maupun luar pesantren.
Share:

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Ikuti Facebook Kami