11 September 2017

Imunisasi Rubella Berjalan Lancar di MTsN 1 Probolinggo

Imunisasi Rubella Berjalan Lancar di MTsN 1 Probolinggo

MTsN 1 Probolinggo - Rubella merupakan penyakit akut yang bisa menginfeksi anak dan dewasa. Penyakit ini, kerap terjadi pada wanita yang disertai gejala demam tinggi, bercak kemerahan atau ruam pada kulit yang biasanya di bagian telinga belakang yang disertai dengan pilek dan batuk.

Pada bulan Agustus vaksin rubella sudah resmi diumumkan untuk diberikan kepada anak usia di bawah usia 15 tahun. Sedangkan anak yang sudah melebihi, tidak wajib mendapatkan vaksin tersebut.

Pada Kamis 7 Septermber 2017, pihak Puskesmas Paiton melakukan imunisasi rubella kepada siswa-siswi MTsN 1 Probolinggo. Sebelum melakukan imunisasi, petugas menjelaskan bahaya yang dihasilkan oleh virus rubella.

Acara pemberian vaksin imunisasi rubella ini berjalan dengan lancar, siswa-siswi pun begitu antusias dan berharap dengan adanya vaksin rubela dapat menyelamatkan mereka hingga keturunan-keturunan mereka kelak.

Tujuan dan Manfaat Imunisasi MMR (Mumps Measles Rubella)
Tujuan pemberian imunisasi MMR adalah untuk merangsang terbentuknya imunitas atau kekebalan terhadap penyakit gondong, campak, dan campak jerman.

  • Gondong adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat mengakibatkan terjadinya demam, nyeri sendi, sakit kepala dan pembengkakan pada kelenjar parotis yang terletak di bagian bawah telinga.
  • Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat mengakibatkan terjadinya demam, nyeri sendi, batuk, pilek, mata merah, dan bercak –bercak berwarna merah pada kulit.
  • Campak Jerman adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat mengakibatkan terjadinya demam, nyeri sendi, batuk, pilek, pembengkakan kelenjar di sekitar leher, dan bercak – bercak berwarna merah pada kulit. Manfaat pemberian imunisasi MMR adalah untuk memberikan perlindungan terhadap ketiga penyakit tersebut pada saat yang bersamaan.

Demikianlah ulasan artikel tentang imunisasi rubella yang diselenggarakan di MTsN 1 Probolinggo. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Share:

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Ikuti Facebook Kami