17 Februari 2017

MTsN Karangnayar Paiton 1 Berprestasi Berkat Pola Kerja Sama Segitiga

MTsN Karangnayar Paiton 1 Berprestasi Berkat Pola Kerja Sama Segitiga
Program sustainable networking atau program jaringan berkelanjutan menjadi salah satu program yang terbukti membawa dampak positif dalam kegiatan akademik dan nonakademik di MTsN Karanganyar Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Program itu dijalankan dengan menjalin kerja sama berkelanjutan antara MTsN Karanganyar, Pondok Pesantren Nurul Jadid dan PT IPMOMI-Paiton Energy.

Kepala MTsN Karanganyar Utsman Kaharudin mengatakan, bukti keberhasilan itu ditunjukkan dengan diraihnya adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur pada 2015 lalu. Predikat itu diraih berkat adanya kerja sama dengan PT IPMOMI-Paiton Energy.

“Alhamdulillah, tahun kemarin MTsN Paiton meraih Adiwiyata Provinsi dan lolos ke nasional. Tahun ini kami sedang menyiapkan penilaian untuk menuju adiwiyata nasional,” katanya, Senin (5/9).

Menurutnya, kerja sama itu bukan semata-mata untuk meraih predikat sekolah adiwiyata. Namun, terlebih untuk menciptakan lingkungan MTsN Karanganyar-Paiton menjadi lebih hijau, sejuk dan rindang. Sehingga proses belajar mengajar di MTsN yang lebih dikenal dengan nama MTsN Paiton itu lebih nyaman dan bersahabat.

“Imbasnya, siswa jadi betah dan suasana belajar lebih kondusif. Selain itu, program adiwiyata ini bermanfaat bagi kepribadian siswa. Yakni, sebagai media untuk menanamkan sikap peduli siswa dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,” jelasnya.

Sementara jalinan kerjasama dengan Pesantren Nurul Jadid Paiton, diimplementasikan dengan program kegiatan keagamaan. Diantaranya, kelas Tahfidzul Qur’an, bimbingan baca kitab kuning. Serta, program pembiasaan baca tulis Al Qur’an hingga kegiatan shalat Dhuha, Dhuhur dan Ashar berjamaah bagi semua siswa. “Untuk pengajarnya kami mendatangkan guru dari Pesantren Nurul Jadid,” ungkapnya.

Selain telah mendulang prestasi dalam penerapannya, program sustainable networking juga menjadi salah satu kunci kesuksesan Kepala MTsN Karanganyar Utsman Kaharudin meraih juara 3 kategori kepala MTs Berprestasi se-Jawa Timur dalam dalam kompetisi guru, kepala dan pengawas madrasah tingkat Jawa Timur 2016 pada 1-2 Agustus 2016 lalu.

Yakni, melalui karya tulis ilmiah dengan judul “Pengembangan madrasah berbasis pesantren dan lingkungan hidup  untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui kerjasama segitiga lembaga; MTsN Karanganyar-Paiton, Ponpes Nurul Jadid dan PT IPMOMI-Paiton Energy“.

Kompetisi yang diadakan oleh Kementerian Agama RI Dirjen Pendidikan Islam melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur itu, MTsN Karanganyar-Paiton juga mengantarkan Siti Munawaroh, guru MTsN setempat meraih juara harapan 2 kategori guru MTs berprestasi. Ia membuat karya tulis ilmiah dengan judul “Penggunaan teknik cinema education dalam meningkatkan kecakapan kelola emosi”.

Sementara itu, salah satu bukti dukungan program sustainable networking dibidang akademik, dibuktikan oleh Lady Daivi Ilahi, siswa MTsN setempat yang baru-baru ini menjadi juara 2 olimpiade matematika tingkat SMP/MTs se-Kota/Kabupaten Probolinggo yang diadakan oleh Dispendik Kabupaten Probolinggo dan PT YTL-Jawa Power.

Sumber: Situs Resmi NU
Share:

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Ikuti Facebook Kami