2 Desember 2016

Kemenag: Temu Tokoh Agama dan Ormas, Menghasilkan 4 Rekomendasi

Kemenag: Temu Tokoh Agama dan Ormas, Menghasilkan 4 Rekomendasi

Kab. Probolinggo, 23/11/2016 (Inmas) Pertemuan Tokoh Agama dan Ormas Islam yang diselenggarakan Kanwil Kemenag Jatim di Aula Al-Ikhlas Kemenag Kabupaten Probolinggo, berhasil merekomendasikan beberapa Keputusan; yang isinya :


  1. Mengimbau kepada Pemerintah agar bersikap tegas terhadap aliran-aliran dan faham keagamaan yang menyimpang yang berpotensi menimbulkan konflik dan pertentangan di tengah-tengah masyarakat, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keberagaman dan supremasi hukum
  2. Mengimbau Kepada MUI, ormas keagamaan dan tokoh masyarakat agar tidak gegabah dalam memberi masukan, menilai dan menvonis sesat aliran-aliran atau faham keagamaan yang ada di masyarakat, dengan terlebih dahulu melakukan studi kasus dan kajian serta analisa mendalam terhadap persoalan yang muncul agar tidak bias dan menimbulkan masalah baru.
  3. Kepada Tokoh Agama agar tidak henti-hentinya memperkuat pemahaman keagamaan yang utuh kepada internal pemeluk agamanya, sesuai dengan ajaran dan keyakinan masing-masing.
  4. Kepada Pemerintah senantiasa melakukan penguatan fungsi dan peran lembaga-lembaga seperti MUI, FKUB, ormas keagamaan, Pondok Pesantren dan semua stakeholder dalam mendukung Pelaksanaan tersebut.
Rekomendasi tersebut dibuat bersama pada hari rabu, tanggal 23 Nopember 2016 dalam pertemuan khusus yang diselenggarakan Kanwil Kemenag Jatim bersama tokoh agama dan pimpinan ormas islam, dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) PCNU Kab.Probolinggo, PCNU Kraksaan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Al Irsyad, Ponpes Nurul Jadid, Tokoh Agama perwakilan Kecamatan Kab.Probolinggo.

Sebagai Tim Perumus, Drs. H. Moh. Ersyad (Kanwil kemenag Jatim), M. Fauzi (Urais binsyar). Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Probolinggo, H. Busthami, SH.M.Hi. yang sekaligus memaparkan tentang fenomena Kanjeng Dimas sebagai realitas rentannya pemahaman keagamaan di masyarakat.

Sumber: Kemenag Probolinggo
Share:

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Ikuti Facebook Kami